Senin, 02 Agustus 2010

Kelas Olahraga, Pilot Project Efektif


Cibinong - Munculnya kelas olahraga di SMPN 3 Cibinong memang telah menjadi angin segar bagi perkembangan dunia olahraga di Kabupaten Bogor. Tapi, hal itu juga menjadi tantangan Pemkab bagaimana menjaga aset itu yang jika dikembangkan akan menjadi pilot project efektif. Tim pelatih mencatat, talenta siswa-siswi kelas olahraga berpeluang menjadi atlet potensial.
“Untuk lari, anak-anak mampu mencapai 58 detik dengan jarak 400 meter padahal usia mereka baru 13 tahun,” ujar Anang Suryana, salah satu pelatih di kelas olahraga, kemarin.
Kelas olahraga yang membuka dua kelas yaitu atletik dan futsal, diakui Anang bisa dikembangkan ke cabang lain. Misalnya untuk futsal putri, juga bisa diturunkan ke cabang sepakbola yang sekarang ini tim putri sepakbola masih jarang di tanah air. “Satu tahun ke depan lagi, target mereka bisa tercapai dan untuk sepakbola hanya butuh adaptasi saja karena teknik dan fisik sudah terjaga,” ungkap Anang.
Menurut wali kelas olahraga Teguh Hariyadi, tidak mudah memang untuk memulai melakukan sebuah pembinaan, tanpa adanya tekad dan niat yang kuat dari pengelola, pelatih, siswa, orangtua dan masyarakat. Tanpa itu, tentunya program kelas olahraga ini tidak akan berjalan. “Hanya tinggal kemauan Pemkab saja,” ujarnya.
Seperti disebutkan sebelumnya, berbagai prestasi sudah banyak diraih oleh siswa dan siswi kelas olahraga diantaranya adalah juara 2 pencak silat putri pada Pekan Olahraga Pelajar Kabupaten Bogor (Popkab) atas nama Vanny Andini.
Untuk cabang atletik, juara umum Kejuaraan Atletik Tingkat Kabupaten Bogor yang digelar Pengcab PASI (atletik) tahun 2008, juara dua lari 1500 meter, juara tiga lari gawang 110 m dan juara tiga jalan cepat putri pada Kejuaraan Atletik Jabar Open di Bandung Februari 2009, menyumbangkan 15 emas untuk Kecamatan Cibinong pada Pekan Olahraga Pelajar Kabupaten Bogor 2009 dan juara umum dengan 11 emas, 4 perak dan 3 perunggu pada Kejuaraan Atletik Kelas Olahraga Tingkat Provinsi Jabar di Karawang, mengalahkan tuan rumah Karawang.
Untuk cabang futsal putri, juara pertama Turnamen Futsal Putri Piala Kemenpora 2009 di SMK PGRI Cibinong, juara dua Turnamen Futsal Putri HUT Yayasan Al-Nur 2009, juara tiga Turnamen Futsal Putri Shootout Management di Bogor dan juara satu Turnamen Futsal Putri Piala Gamagudabo 2009. Pada turnamen ini juga pemain dari SMP Negeri 3 Cibinong mendapat predikat sebagai pemain terbaik yaitu Kiki dan pencetak gol terbanyak yaitu Maya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar